Salah satu masalah utama dalam memelihara kucing adalah keberadaan kutu yang dapat mengganggu kesehatan kucing dan pemiliknya. Bagaimana cara membasmi atau menghilangkan kutu kucing secara alami? Berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis dan Bentuk Kutu pada Kucing

Sebetulnya, ada beberapa jenis kutu yang menghinggapi dan mengganggu kucing peliharaan itu. Ada kutu yang hanya mengganggu karena membuat gatal, namun ada juga kutu kucing yang membahayakan kucing dan bahkan manusia yang dihinggapinya. Berikut dua jenis kutu kucing yang terkenal sangat mengganggu.

Cthenocephalides felis

Bentuk kutu kucing, Jenis Kutu pinjal pada kucing, Cthenocephalides felis, cara membasmi kutu kucing secara alama
Cthenocephalides felis atau pinjal kucing

Disebut juga dengan pinjal kucing, kutu ini adalah parasit yang hidup dengan menghisap darah kucing. Tubuhnya pipih vertikal dan berwarna cokelat kemerahan atau kehitaman. Pinjal kucing memiliki kaki belakang yang kuat sehingga dapat berpindah ke tubuh kucing lain.

Otodectes cynotis

Cara menghilangkan tungau telinga pada kucing secara alami, Bentuk kutu pada kucing
Otodectes cynotis atau Tungau Telinga Kucing

Kutu ini disebut juga dengan tungau telinga karena biasanya O. cynotis hidup di bawah kulit rongga telinga anak kucing. Tungau telinga akan berkembangbiak dan menaruh telur-telurnya di bulu bagian bawah telinga, kemudian menyebar lewat kontak tubuh secara langsung. Kutu ini dapat menjadi luka dan radang pada bagian yang dihinggapi.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Anjing secara Alami

Tanda-Tanda Keberadaan Kutu Pada Kucing

Ada beberapa tanda umum yang menunjukkan kucing Anda terserang kutu. Namun, butuh diagnosa lebih lanjut oleh dokter hewan untuk memastikan keberadaan kutu kucing. Berikut tanda-tanda yang bisa Anda curigai sebagai keberadaan kutu pada kucing.

  1. Kucing Anda sering menggaruk atau menggigit bagian tubuh tertentu secara berlebihan.
  2. Terdapat area dengan bulu rontok berat, terutama bagian buntut dan leher.
  3. Kucing Anda terlihat lesu akibat anemia (kekurangan darah).
  4. Anda melihat ada kutu lewat di balik bulu atau di sekitar telinga kucing Anda.
  5. Terdapat bintik-bintik telur kutu berwarna putih atau bintik-bintik kotoran kutu berwarna hitam di tubuh kucing, karpet, atau tempat tidur kucing Anda.

Apakah Kutu Kucing Berbahaya Bagi Manusia?

Tidak hanya berdampak pada kesehatan kucing, kutu kucing juga dapat menyerang manusia dan mengigit tubuh Anda. Kutu akan menggigit area tubuh yang dihinggapinya, biasanya pada bagian pergelangan kaki.

Ciri-ciri gigitan kutu kucing pada manusia adalah bercak-bercak merah kecil yang berkumpul pada satu area. Gigitan tersebut akan terasa gatal dan bisa membuat alergi.

Beberapa penyakit yang bisa ditularkan kutu kucing adalah dermatitis, murine typhus, tularemia, dan penyakit karena cacing pita. Jika Anda digigit kutu kucing, cuci bagian yang tergigit dengan sabun antiseptik lalu gunakan losion kalamin untuk mengurangi rasa gatal.

Anda juga bisa mengurangi bengkak akibat gigitan kutu dengan kompres es atau dengan aloe vera.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

1. Cuka

Bahan pertama yang efektif dan mudah Anda dapatkan untuk membersihkan kutu kucing. Caranya adalah mencampurkan cuka dan air tawar dengan komposisi 50:50, kemudian dihangatkan dengan api sedang sebelum disemprotkan ke tubuh kucing.

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Selain cuka, air lemon dan jeruk nipis juga efektif menghilangkan kutu kucing. Potong empat buah lemon ukuran sedang kemudian campurkan ke dalam air mendidih. Diamkan rendaman lemon selama satu malam, lalu saring air lemon dan masukkan ke dalam botol. Semprotkan air lemon pada bagian tubuh kucing yang terserang agar kutu tersebut pergi dari tubuh kucing.

3. Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya efektif untuk membersihkan ruangan. Sifat asam cuka pada cuka apel sangat berpengaruh untuk mengusir kutu dari tubuh kucing.

obat kutu anjing dan kucing alami

Untuk membuat ramuan cuka apel, campurkan cuka apel dan air tawar dengan komposisi 2:1 kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan cuka apel pada tubuh kucing dan area-area yang sering kucing Anda lewati agar kutu-kutu yang hinggap pergi.

4. Garam

Selain sebagai bumbu dapur, garam juga merupakan bahan alami yang ampuh menghilangkan kutu kucing. Hebatnya, larutan air garam juga bisa memberantas telur dan larva kutu kucing.

Campurkan garam pada air hangat untuk kucing Anda mandi. Rendam atau bilas kucing Anda dengan air garam tersebut lalu bilas ulang dengan air bersih. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas agar kucing Anda tetap merasa nyaman saat mandi.

5. Vakum

Untuk menghilangkan kutu yang mungkin bersembunyi di karpet, sofa, atau furnitur rumah, Anda perlu membersihkan area-area tersebut dengan vacuum cleaner atau penyedot debu. Pastikan Anda juga vakum celah-celah dan sudut ruangan, terutama di balik sofa dan tempat tidur dimana kutu kucing sering bersembunyi.

6. Sisir Kucing

Cara manual yang ampuh untuk membasmi kutu kucing adalah dengan menggunakan sisir kutu. Berbeda dengan sisir biasa, sisir kutu berukuran agar besar dengan gigi agak jarang agar telur kutu dan kutu dewasa dapat tersangkut pada sisir dan lepas dari bulu kucing. Sisir kucing Anda secara rutin paling tidak 2 minggu sekali agar kutu tidak kembali ke tubuh kucing.

Bahkan, sekarang juga ada sisir kutu elektrik untuk kucing yang dapat langsung membunuh telur kutu dan kutu dewasa yang tertangkap oleh sisir elektrik. Sehingga pekerjaan Anda untuk membersihkan kutu kucing dapat lebih mudah dan efektif.

7. Menjaga Kebersihan Rumah

Tidak hanya kebersihan kucing, Anda juga harus menjaga kebersihan rumah yang Anda tinggali agar kutu kucing tidak dapat berkembang biak di rumah Anda.

Cara paling mudah adalah dengan mencuci bantal, selimut, karpet, atau tempat tidur yang sering kucing Anda lewati secara rutin. Kemudian semprotkan anti kutu pada area-area tempat kucing Anda sering berada. Jika perlu, Anda dapat memanggil jasa pembersih kutu untuk memastikan rumah dan furnitur Anda benar-benar bersih dari kutu kucing.

Demikianlah pembahasan mengenai kutu kucing dan bagaimana cara membasmi kutu kucing secara alami. Semoga artikel ini dapat membantu menjaga kucing Anda tetap sehat dan bebas dari serangan kutu.


Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pinjal_kucing

https://id.wikipedia.org/wiki/Tungau_telinga

https://www.petco.com/content/petco/PetcoStore/en_US/pet-services/resource-center/health-wellness/Your-Cats-Fight-Against-Flea-Infestation.html

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghilangkan-kutu-kucing/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200529122418-255-507903/bahaya-gigitan-kutu-kucing-bagi-manusia