Kutu adalah musuh utama hewan peliharaan. Selain menyebabkan gatal, kutu juga membahayakan kesehatan hewan peliharaan dan majikannya. Kali ini, kami akan membahas tentang kutu anjing dan bagaimana cara membasmi kutu anjing secara alami.

Jenis Kutu Pada Anjing

Ada beberapa jenis kutu anjing yang perlu diwaspadai. Dua di antaranya yang paling membahayakan adalah sebagai berikut.

Caplak (Tick)

Caplak adalah jenis kutu yang bukan hanya menyerang anjing tapi juga hewan ternak atau peliharaan lainnya. Kutu ini memiliki delapan kaki dengan tubuh kecil dan pipih. Caplak jantan berwarna merah coklat sementara caplak betina berwarna hitam.

kutu anjing caplak. cara menghilangkan kutu caplak pada anjing
Kiri: Caplak pada leher anjing. Kanan: Caplak sebelum & setelah menghisap darah

Hewan ini hidup dengan menghisap darah inangnya, walaupun ia dapat bertahan hidup tanpa inang. Caplak aktif saat awal musim hujan dan tahan pada cuaca ekstrim.

Biasanya caplak menyerang bagian telinga, punggung, dan leher.

Pinjal (Flea)

Pinjal adalah kutu yang umum menyerang anjing dan kucing. Ukurannya hanya 1-3 milimiter. Berbentuk pipih dan berwarna coklat kemerahan hingga hitam dengan kaki belakang yang lebih panjang. Kutu ini menghisap darah anjing sehingga menimbulkan rasa gatal.

Jenis kutu anjing: kutu pinjal pada anjing
Kutu anjing (pinjal)

Selain menghisap darah hingga menyebabkan anemia, pinjal juga menyebarkan parasit cacing pita. Selain itu, pinjal juga menjadi penyebab flea allergic dermatitis yang tidak hanya menyerang hewan namun juga manusia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Demodex pada Anjing

Tanda-Tanda Keberadaan Kutu Pada Anjing

Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah anjing Anda terserang kutu. Berikut adalah tanda-tandanya:

  1. Anda melihat kutu merayap di tubuh anjing.
  2. Terlihat bintik-bintik hitam kotoran kutu pada kulit anjing.
  3. Ada kotoran kutu tertinggal di tempat tidur anjing, karpet, dan keset di rumah.
  4. Anjing sering menjilat atau menggaruk tubuhnya secara berlebihan.
  5. Kulit anjing mengalami iritasi atau ada luka dan ruam bekas garukan.

Jika terdapat tanda-tanda di atas, Anda patut curiga dan segera melakukan perlakuan untuk membasmi kutu yang hinggap di Anjing Anda.

Apakah Kutu Anjing Berbahaya Bagi Manusia?

Berdasarkan penelitian, kutu anjing tidak bisa tinggal di badan manusia. Meskipun demikian, kutu anjing juga dapat hinggap, menggigit, dan menghisap darah manusia.

Tanda bila Anda tergigit kutu anjing adalah muncul benjolan-benjolan merah beserta lingkaran merah yang mengelilingi pusat gigitan.

Selain menyebabkan gatal dan infeksi, kutu anjing juga menjadi perantara infeksi cacing pita yang berbahaya bagi pencernaan manusia.

Karena itu, Anda harus berhati-hati bila anjing Anda terserang kutu, jangan sampai kutu tersebut berpindah ke Anda.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Bahan Alami

1. Mandi Air Lemon atau Jeruk Nipis

Mandi yang dimaksud disini adalah mencelupkan sisir kutu anjing Anda pada larutan air lemon atau jeruk nipis sebelum digunakan. Anda juga dapat mencelupkan handuk pada larutan tersebut lalu diusapkan pada bulu dan tubuh anjing Anda.

Air lemon atau jeruk nipis efektif untuk menghilangkan kutu pada anjing
Air lemon atau jeruk nipis efektif untuk menghilangkan kutu pada anjing

Opsi lain yang dapat dilakukan adalah mencairkan perasan lemon dengan rasio 1:2 kemudian menambahkan sedikit sampo anjing, baru kemudian diusapkan pada tubuh anjing Anda saat mandi.

2. Neem Oil dan Essential Oils

Salah satu bahan alami yang cukup terkenal dalam menghilangkan kutu anjing adalah neem oil atau minyak nimba. Minyak ini sejak dulu sudah dikenal sebagai pembasmi hama alami termasuk juga kutu di tubuh anjing.

neem oil untuk menghilangkan kutu pada anjing

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan essential oils, namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu karena beberapa jenis essential oils berbahaya untuk anjing. Beberapa jenis yang efektif adalah rosemary, peppermint, dan tea tree oil.

Cara penggunaan neem oil dan essential oils untuk menghilangkan kutu adalah dengan menyemprotkan larutan minyak pada tubuh anjing atau dengan mencampurkannya dengan sampo anjing.

3. Cuka Apel

Bahan alami lain yang cukup terkenal dalam menghilangkan kutu anjing adalah cuka apel atau apple cider vinegar (ACV). Tidak hanya menjadi cara membasmi kutu anjing, ACV juga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan parasit usus, dan membersihkan telinga anjing dari tungau.

obat kutu anjing alami

Ada dua menggunakan ACV untuk membasmi kutu anjing. Cara pertama adalah dengan menyemprotkan atau mengoleskan larutan ACV pada tubuh anjing secara merata. Cara yang kedua adalah mencampurkan ACV pada air minum anjing.

Untuk cara yang kedua, Anda cukup menambahkan satu sendok makan ACV ke mangkuk air anjing Anda. Untuk anjing yang bertubuh kecil, campurkan hanya satu sendok teh ACV ke mangkuk airnya.

Apabila ternyata anjing Anda tidak menyukai rasa air yang dicampur ACV, Anda bisa mencampurkan ACV ke dalam makanannya. Namun tetap harus dengan proses percobaan dan adaptasi.

4. Baking Soda

Tahukah Anda? Ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk membasmi kutu anjing yang bersembunyi di karpet atau furnitur rumah Anda.

cara menghilangkan kutu anjing secara alami dan permanen

Taburkan baking soda di area yang dihinggapi kutu anjing lalu sikat area tersebut dengan sikat yang bulunya agak keras. Setelah itu, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membuang bangkai-bangkai kutu dan membersihkan rumah Anda.

5. Garam

Selain baking soda, bahan lain yang bisa ditaburkan untuk membasmi kutu anjing adalah garam. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan garam halus dari dapur Anda.

Garam berfungsi sebagai agen dehidrasi untuk mengusir kutu dewasa. Cukup taburkan garam pada karpet atau area yang sering dilalui anjing Anda.

Tunggu antara 1-2 hari sebelum Anda membersihkan area tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner dan membuang sampahnya ke tempat sampah.

6. Sisir Kutu Anjing

Cara paling mudah dan praktis untuk menghilangkan kutu yang bersembunyi di tubuh anjing Anda adalah dengan menyisir bulu anjing menggunakan sisir kutu.

cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih

Ada berbagai macam ukuran sisir kutu yang bisa Anda gunakan. Bahkan, sekarang sudah ada sisir kutu elektrik yang dapat langsung membunuh kutu anjing yang tertangkap sisir. Semua sisir kutu memiliki gigi sisir yang berjarak agar telur dan kutu dewasa dapat tersangkut pada sisir.

Jika Anda menggunakan sisir kutu manual, pastikan untuk mencuci sisir kutu sebelum dan sesudah digunakan agar telur dan kutu yang menempel bisa mati dan tidak kembali bersembunyi di tubuh anjing Anda.

7. Menjaga Kebersihan Kandang dan Rumah

Jika Anda sudah melakukan segala upaya di atas, upaya terakhir yang tidak kalah penting dilakukan adalah dengan membersihkan kandang dan rumah Anda secara rutin.

Karena tubuh kutu sangat kecil dan sulit terlihat, cucilah bantal, selimut, atau karpet yang sering anjing Anda gunakan, paling tidak seminggu sekali. Akan lebih baik jika Anda juga mencuci sofa dan kasur di rumah Anda sebulan sekali untuk memastikan semua perabotan Anda bersih dari kutu anjing.

Demikianlah penjelasan mengenai kutu anjing dan cara membasmi kutu anjing secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Referensi:

https://www.jcehrlich.com/fleas/top-8-flea-home-remedies/

https://thebark.com/content/how-get-rid-fleas-dogs-naturally

https://id.animalthai.com/id-apple-cider-vinegar-for-your-dog

https://hewanee.com/cara-menghilangkan-kutu-anjing/#4_Cuka_Apel

https://www.rajapetshop.com/en/news/jenis-kutu-pada-anjing-and-cara-mengatasinya